KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK ( SOFTWARE )

Perangkat lunak atau software di klasifikasikan menjadi menjadi 4 macam :

 1)  Sistem Operasi ( Operating System )
    adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memory dll.
  Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dan perangkat keras dengan perangkat lunak yang akan di gunakan.
  Fungsi utama Sistem Operasi adalah :
 - Menyimpan program dan akses nya
 - Membagi tugas di dalam CPU
 - Mengalokasikan tugas - tugas penting
 - Merekam sumber - sumber data
 - Mengatur memory system termasuk penyimpanan, menghapus, dan mendapatkan data.
 - Memeriksa kesalahan sistem
 - Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi ( password ) dan pengguna ID.
    misal nya : * Disk Operating System ( DOS )
                     * Microsoft Windows
                     * Linux dan Unix 


* MACAM - MACAM SOFTWARE
 
1. Language Software ( bahasa )
    adalah program yang digunakan untuk membuat program - program lain.
    ex :
           - Cobol     - html                 - Java
           - Fortran   - Quik Basic
           - C ++      - Visual Basic
2. Package Software ( paket )
    ex :
           - Microsoft Office       - Autocad
           - Games                      - Mozilla Firefox
           - Internet Explorer       - Opera
           - Open Office              - Anti Virus
           - Indodic                      
           - Photo shop


    Package Software


    Package Software merupakan suatu software yang dibikin oleh Software House ataupun Konsultan Komputer ataupun Organisasi yang ditulis agar bisa digunakan oleh para pemakai komputer. Paket software biasanya memanfaatkan programming language yang oleh kebanyakan pemakai komputer masih dianggap terlalu sulit untuk digunakan ataupun dimanfaatkan


    Dengan adanya package-software ini, komputer menjadi semakin mudah untuk digunakan oleh para pemakai. Penggunaan komputer benar-benar diarahkan kepada konsep user-friendly (komputer semakin dekat dengan pemakai dan komputer semakin mudah digunakan) Pelbagai kesulitan ataupun prosedur yang terdapat didalam programming language, teratasi dengan adanya package software.

    Untuk melakukan pencetakan misalnya, dengan programming language pemakai harus mengikuti beberapa prosedur yang ada, serta menuliskan instruksi sesuai dengan aturan yang ada didalam programming language. Dengan menggunakan Package Software, pemakai cukup menekan tombol P yang artinya Print, dan secara otomatis komputer akan mencetak lembar yang dimaksud.


    Dalam hal ini, pengertian package software bisa terbagai menjadi dua, yaitu Package Program dan Tailor Made Program. Package Program merupakan suatu program jadi dan pemakai komputer tinggal memanfaatkannya saja. Sedang pengertian dari Tailor Made Program, merupakan program yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan para pemakai. Dua-duanya dibikin oleh software houses, konsultan komputer ataupun organisasi.


    Guna memberikan ilustrasi, kita bisa meilhat baju seperti yang nampak pada gambar. Baju tersebut bisa dibeli dari toko, tetapi juga bisa dibikin oleh tukang jahit sesuai dengan ukuran dan selera pemakainya. Baju yang dibeli dari toko, dalam hal ini disebut sebagai Package, dan yang dihasilkan oleh tukang jahit disebut sebagai Tailor Made.

    Yang dimaksud dengan "tukang jahit" disini adalah Software House ataupun Konsultan Komputer ataupun Organisasi. Mereka merupakan sebuah perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang jasa pembuatan software komputer. Pekerjaan rutin mereka adalah membikin program-program paket ataupun program-program pesanan (tailor-made).


    Software house ini ada yang mempunyai scope international dan ada pula yang hanya lokal. Microsoft Corporation merupakan salah satu software house yang sangat terkemuka dan mempunyai scope international. Salah satu produk software yang dihasilkan adalah Package Program Microsoft Word yang dibuat melalui C language


    Dengan adanya Microsoft-Word, pemakai komputer tidak perlu lagi memikirkan masalah ataupun segala macam aturan yang terdapat didalam programming language. Bagaimana cara membuat file, bagaimana cara memperbaiki dan bagaimana pula cara menyimpan ataupun mencetak sebuah file, semuanya bisa dikerjakan oleh Microsoft-Wordr, dan pemakai komputer tinggal memanfatkan saja.


    Karena kesulitan-kesulitan yang ada didalam pembuatan sebuah program sudah diatasi dengan WordStar, maka menggunakan WordStar tentunya lebih mudah seandainya dibanding dengan pembuatan sebuah program.


    Dengan demikian, tenaga-tenaga yang terdapat didalam Software house ataupun Konsultan Komputer ini, merupakan kumpulan dari orang-orang yang memang sangat ahli dalam bidang komputer, pada khususnya ahli dalam bidang pembuatan program. Disamping itu, mereka juga sangat ahli ataupun sangat menguasi permasalahan yang ada.


    Jenis Package Program lainnya yang mempunyai klas "dunia" pada saat ini cukuplah banyak, seperti misalnya Microsoft Excel, Adobe, Corel dan masih banyak lagi.


    Yang dimaksud dengan Program Tailor Made adalah program yang secara khusus dibuat untuk menyelesaikan suatu permasalahan diperusahaan tersebut. Sebagai contoh program KRS yang digunakan di-STMIK Dian Nuswantoro. Dengan adanya program ini, maka komputer yang dimiliki oleh STMIK Dian Nuswantoro secara otomatis bisa menghitung IPK dari setiap mahasiswa pada saat dibutuhkan.


    Dikarenakan permasalahan yang dihadapi oleh STMIK Dian Nuswantoro tidak bisa disamakan dengan permasalahan pada umumnya, maka pihak STMIK Dian Nuswantoro memutuskan untuk membuat sendiri program-program yang diperlukannya. Program semacam inilah dikenal sebagai Tailor Made Program.


    Pada awalnya, pihak STMIK Dian Nuswantoro membuat sebuah program (dengan menggunakan dBase Programming) yang bisa digunakan untuk memasukkan seluruh data mahasiswa yang dimilikinya kedalam file komputer. Data mahasiswa yang ada, kemudian disimpan didalam file komputer yang bernama INDUK. Yang dimaksud dengan data mahasiswa adalah: data mengenai Nama, NIRM, Jurusan, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir dan lain sebagainya.


    Pada tahap berikutnya, pihak STMIK Dian Nuswantoro membuat program yang bisa digunakan untuk menyimpan seluruh mata kuliah yang dimilikinya berikut bobot SKS dari setiap mata kuliah. Data mengenai mata kuliah berikut bobot SKS yang dimilikinya, kemudian disimpan didalam file komputer yang bernama MAKUL


    Sebelum perkuliahan dimulai, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi KRS (Kartu Rencana Study) terlebih dahulu, guna memastikan mengenai mata kuliah yang akan diambil/diikuti pada semester yang akan datang. Hasil isian mahasiswa ini, kemudian dimasukkan kedalam komputer, dan disimpan didalam file yang bernama KRS

    Setelah ujian berlangsung, baik ujian mid-semester ataupun ujian semester, para dosen kemudian menyerahkan nilai kebagian BAK (Bagian Administrasi Kependidikan). Oleh BAK, nilai-nilai yang berasal dari dosen ini, kemudian dimasukkan kedalam komputer. Dalam hal ini BAK cukup memasukkan NIRM dari mahasiswa yang bersangkutan dan kode mata kuliah yang diikuti, dan kemudian nilai dari dosen yang bersangkutan.


    Dengan tersimpannya data-data mengenai mahasiswa, data mengenai mata pelajaran dan data mengenai nilai didalam komputer, maka sewaktu-waktu diperlukan, komputer secara cepat dapat mencetak transkip nilai dari seluruh mata kuliah yang diikutinya, hasil yang diperoleh, Index Prestasi Kumulative dan lain sebagainya. Transkrip nilai inilah yang setiap semester akan dikirim kepada orang tua mahasiswa sebagai laporan hasil study dari putra/putri mereka.


    Dibanding tailor made, paket program mempunyai keuntungan sebagai berikut: Perusahaan tidak membutuhkan waktu untuk membuat program, karena program yang dibeli bisa langsung digunakan serta laporan yang dibutuhkan bisa langsung dihasilkan. Kemungkinan kesalahan program menjadi sangat kecil. Paket biasanya menggunakan standart-standart tertentu dan hal ini bisa menambah keahlian/pengetahuan dari para pemakai.


    Adapun kekurangan paket program adalah, tidak fleksibel karena dirancang dengan standart pembuat dan bukan standart pemakai, sehingga pemakai harus menyesuaikan diri untuk menerapkan paket program. Disamping itu, paket program biasanya sulit untuk dirawat, karena pemakai biasanya hanya mendapat object program dan bukan source program. Object program ini tidak mungkin bisa diperbaiki ataupun dimodifikasi barang sedikitpun.

  3. Operating System
        adalah program dasar yang di tanamkan pada sebuah gadget ( komputer ) yang digunakan sebagai program pemegang kendali dari program - program yang lain.
  seperti : Package Software
   ex :
          - Windows    : 95, 98, 7, NT, ME, XP, Longhorn, Vista.
          - Linux         : Mandriva, Suse, Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Debian, dll.
          - Machintos : Leopard dan Tiger.
          - Symbian     : S40, S60V2, S60V3, S60V5.
          - Android      : Froyo 2.2


  * Operating System
 a. Menurut Pembuat nya :
     - Windows
        ex :
               - XP            - ME   - 95
               - 7               - NT   - Vista
               - Longhorn   - 98

     - Linux
        ex :
               - Ubuntu     - Edubuntu
               - Kubuntu   - Debian
               - Xubuntu    - Mandriva

      - Machintos
         ex :
               - Leopard
               - Tiger

 b. Menurut Ditribusi nya :
     - Open Source
        adalah Sebuah program yang dibuat secara bebas dan boleh di distribusikan secara bebas pula bahkan  isi ( kandungan ) dari program tersebut bisa di ganti atau di ubah.
         ex :
                - Ubuntu
                - Kubuntu
                - Edubuntu, etc.

     - Fixed atau Close Source atau Limited
        adalah Sebuah program yang di buat terbatas.

 c. Menurut Command Penginstalan dan Pengoperasian
     - GUI ( Graphic User Interface )
        adalah Gambar - gambar perintah yang ada pada proses penginstalan.
       ex :
             - Windows XP
             - Windows 7
             - Windows Vista
 
     - CLI ( Command Line Interface )
        adalah Baris - baris perintah tang ada pada proses penginstalan.

   Tahapan - tahapan penginstalan sistem operasi secara garis besar :

 1. Agreement        
 2. HDD Partition
 3. Time Zone Selection / Location
 4. Verification ( Datas ) / Product Key / Serial Number
 5. Instalations

2 ) Program Aplikasi ( Application Programs )
    adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk kebutuhan tertentu.
     misal nya : * program pengolah kata ( microsoft word )
                      * mengelola lembar kerja / program pengolah angka ( ms. excel )
                      * desain grafis , dll

 3) Bahasa Pemrograman ( Programming Language )
     adalah program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi - instruksi yang di tulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar dapat di terima oleh komputer.
    Ada 3 level bahasa pemrograman antara lain :
  - Bahasa Tingkat Rendah ( Low Level Language )
     bahasa ini di sebut juga bahasa mesin ( assembler ) , di mana pengkodean bahasa nya menggunakan kode angka 0 dan 1.
  - Bahasa Tingkat Tinggi ( High Level Language )
     bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa english.
     ex : - Basic
           - Cobol
           - Pascal
  - Bahasa Generasi ke-4 ( Fourth Generation Language )
     merupakan bahasa yang berorientasi pada object yang di sebut " Object Oriented Programming "
    ex : - Visual Basic
          - Delphi
          - Visual C++

 4) Program Bantu ( Utility )
     Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer serta merupakan perangkat lunak sistem dan fungsi tertentu.
misalnya : - memformat disket
               - mengcopy data
               - mengkompres file
               - memeriksa perangkat keras ( Hardware Trooble Shooting )
               - memeriksa disket yang rusak ( bukan rusak fisik )
               - mengatur ulang isi harddisk ( Partisi dan Defrag ) dll

contoh : - Norton Utility
               - Winzip
               - Anti Virus, dll.








0 komentar:

Posting Komentar